Analisis dan Strategi Management Sumber Daya Manusia

Written By Scooter-google on Selasa, 22 Oktober 2019 | 13.09

Pengertian Strategi :
Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia Strategi memiliki 3 arti sebagai berikut :
1)   Ilmu dan seni menggunaan semua sumber daya untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam keadaan perang dan damai.
2)  Ilmu dan seni memimpin bala pasukan untuk menghadapi musuh dalam kondisi perang, sebagai komandan yang memang menguasai bentul perwira di medan perang
3)    Rencana yang ceramat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus
4)    Tempat yang baik menurut siasat perang
Adapun menurut pendapat dari beberapa ahli startegi memiliki arti sebagai berikut :
1.   Proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh perusahaan supaya dapat tercapai segala misinya (Morrisey 1995:45)
2.    Rencana dari suatu perusahaan yang mencerminkan kesadaran suatu perusahaan mengenai kapanm dimana dan bagaimana ia harus bersaing dalam menghadapi lawan dengan maksud dan tujuan tertentu (Pearce & Robinson 2008)
3.  Arah dan cakupan jangka Panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui sumber-sumber daya dalam dan lingkungan untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi pihak yang berkepentingan (Ebert dan Griffin 2013:145)
4.  Suatu tindakan yang dilakukan perusahanan untuk mencapai sasaran strategisnya (Gary Dessler 2013:99)
Beberapa perencanaan strategis menurut ahli sebagai berikut :
1.   Penetapan arah akan kemana suatu organisasi pada tahun mendatang dan tujuan tahun – tahun selanjutnya disertai dengan penetapan cara bagaimana organisasi terssebut sampai ke tujuan dimaksud (McNamara, 1999a)
2.   Proses pemilihan tujuan-tujuan organisasi dan program strategis yang diperlukan untuk tujuan-tujuan tersebut dan penetapan metode yang diperlukan untuk menjamin bahwa strategi dan kebijaksanaan tersebut telah diimplementasikan (Hani Handoko 2009)
3.  Rencana perusahaan mengenai bagaimana akan menyesuaikan kekuatan dan kelemahan internal dengan kesempatan dan ancaman eksternal dengan tujuan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif (Gary Dessler 2013)

Manajemen Strategis
1.    Proses untuk mengidentifikasi dan mengeksekusi rencana strategis organisasi dengan menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan permintaan lingkung bisnisnya (Gary Dessler 2013)

Rencana Strategis terbaik adalah “berfokus pada pelanggan”
Proses perencanaan strategis
1.    Mendefinisikan bisnis (dimana kita berada saat ini )
Contoh :
Ferrari dan Toyota sama- sama produsen mobil tetapi mereka memposisikan pada produk dan konsumen yang berbeda.

2.     Melakukan audit eksternal dan internal
Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah arah yang dijalankan tepat dan untuk mengukur kekuatan dan kelemahan perusahaan biasa hal ini dilakukan dengan metode SWOT

Strength (Kelebihan)
Weakness (Kelemahan)
1.      Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi
2.      Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lain
3.      Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita

  1. Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
  2. Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
  3. Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  4. Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
  5. Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang)
Threats (Ancaman)
1.      Kesempatan apa yang dapat kita peroleh
  1. Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

  1. Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
  2. Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
  3. Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
  4. Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?


3.     Menformulasikan arah (visi) baru yang akan dituju
Melakukan sosialisasi kepada seluruh komponen perusahaan terkait dengan arah baru perusahaan, sehingga tujuan visi tersebut dapat tersampaikan dengan baik, dan semua komponen perusahaan berusaha mencapai target tersebut.

4.     Menerjemahkan misi kedalam tujuan strategis
Mengimplementasikan pada setiap department terkait dengan misi bagaimana meningkatkan kualitas layanan produk/jasa yang dihasilkan.

5.     Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan strategis
Sesuai dengan visi dan misi tersebut diatas maka perlu beberapa rumusan untuk mencapai target. Bila rumusan sudah dipikirkan baik – baik secara matang dapat disampaikan kepada Manajemen puncak apakah dengan alih teknologi, atau peningkatan kompetensi sumber daya yang ada atau rekrutmen baru dengan lebih kompetitif

6.     Menerapkan strategi
Semua yang sudah menjadi keputusan dijalankan/diimplementasikan dengan sesuai target yang telah dicanangkan perusahaan pada visi dan misi.

7.     Mengevaluasi kinerja
Visi, Misi & rencana kerja yang disusun telah dimplementasikan, tiba saatnya melakukan evaluasi terhadap siklus hidup yang telah dilalui.
Apakah tercapai tujuan tersebut atau sebaliknya, hasil akhir akan menjadi keputusan untuk keberlangsungan perusahaan.
Beberapa strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai berikut :
1.     Strategi Korporasi
Mengidentifikasi portfolio bisnis secara keseluruhan yang dimiliki perusahaan dan bagaimana bisnis-bisnis tersebut saling berhubungan(konsentrasi, Diversifikasi, Integrasi, Konsolidasi)

a.    Konsentrasi
-          Integrasi vertical
Perusahaan mengambil alih lebih dari satu tingkat urutan proses total perpindahan suatu 
set bahan mentah hingga jadi (Indomie)

-          Integrasi horizaontal
Memperluas operasi perusahaan dengan mengkombinasikan perusahaannya dengan
perusahaan lain dan industri yang sama dan melakukan hal yang sama dengannya
(pabrik roti merger dengan pabrik roti lain)

b.    Diversifikasi
Perusahaan berekspansi dengan lini produk baru (Sebelumnya produk minuman terus menambah ke produk olahan makanan, snack)

c.    Konsolidasi
Perusahaan mengurangi ukurannya

2.      Strategi Kompetitif
Mengidentifikasi cara membangun dan memperkuat posisi kompetitif bisnis dalam jangka Panjang
Keunggulan Kompetitif
Semua faktor yang memugkinkan suatu perusahaan membedakan produk/jasa dari para pesaingnya untuk meningkatkan pangsa pasar


Business Level Competitive Strategies

Cost Leadership

Differentiation

Focus/Niche
 
3.     Strategi Fungsional
Mengidentifikasi aktifitas – aktifitas luas yang akan dikejar oleh beberapa department untuk membantu mencapai sasaran kompetitif (strategi penjualan)


Maanfaat perencanaan strategis bagi para manajer
1.     Mendifinisikan visi, misi dan tujuan masa depan perusahaan
2.     Mengidentifikasi strategi yang cocok untuk mencapai tujuan
3.     Meningkatkan kesadaran lingkungan eksternal dan internal
4.     Mengidentifikasi keunggulan kompetitif
5.     Meningkatkan komitmen manajer untuk mencapai tujuan perusahaan
6.     Meningkatkan koordinasi kegiatan dan alokasi sumber daya lebih efisien
7.     Komunikasi yang lebih baik antara manajer dari tingkat yang berbeda
8.     Mengurangi resistensi terhadap perubahan 
9.     Memperkuat kinerja perusahaan
10.  Memungkinkan organisasi untuk menjadi lebih proaktif dari pada reaktif

Peranan Manajer dalam perencanaan strategis
1.     Manajer Puncak
Menyusun dan menetapkan rencanan strategis yang akan menjadi acuan bagi manajer level menengah bagaimana arahan yang perlu dijalankan dalam mencapai target visi dan misi perusahaan.

2.      Manajer Department 
   Memformulasikan rencana strategis yang ditetapkan oleh top management dalam perencanaan dilevel Departemen
     Melaksanaan rencana strategis dalam setiap aktifitas department

Management Sumber Daya Manusia adalah proses merumuskan dan melaksanakan kebijakab dalan program – program kegiatan yang menghasilkan kompetensi dan perilaku karyawan sesuai dengan keinginan perusahaan untuk mencapai tujuan strategis.
Proses penyelaraskan strategi bisnis perusahaan dengan strategi sumber daya manusia dapat dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya :
1.     Merumuskan strategi bisnis
2.     Identifikasi persyaratan tenaga kerja
3.     Merumuskan Kebijakan & Kegiatan Strategi SDM
4.     Mengembangkan ukuran HR Scorecard terperinci

Beberapa alat bantu yang dapat digunakan oleh HRM
1.     Peta Strategi
Memberikan informasi kepada perusahaan terkait dengan kontribusi dari setiap departemen yang terlibat dalam proses produksi produk dan jasa.

2.      HR Scorecard
Proses untuk menetapkan sasaran atau metrik finansial dan non finansial terhadap rantai aktifitas MSDM yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran strategi perusahaan.

3.      Digital Dashboard
Alat bantu yang memberikan informasi kepada pengguna dalam bentuk visualisasi dengan memberikan informasi dimana posisi perusahaan dimasa lalu dan kemana arah posisi yang dituju dalam setiap aktifitas dalam peta strategi.

0 comments: