Infrastrukur FO 2000 KM untuk Papua.

Written By Scooter-google on Senin, 25 November 2013 | 07.51

Mei 2013 menjadi sebuah tonggak baru komunikasi bagi Provinsi Papua, hal ini dengan dibagunnya jalur komunikasi FO 2000 Km yang telah diresmikan pembangunannya. Pada Mei 2013 PT. Telkom telah melakukan groundbreaking pembanunan serat optik di Maluku yang diberi nama Maluku Cable System. Dengan menggandeng Alcatel Submarine Netwok, Jaringan tersebut ditargetkan akan beroperasi pada Agustus 2014.  Proses peletakan batu pertama proyek Papua Cable System dilakukan oleh Menteri Koodinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa.

Fiber Optic atlanticfo.co.uk
Hal ini mengingatkan saya saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah Papua, tepatnya pada Juni 2001 saat implementasi online banking system untuk Bank Papua. Dengan topology daerah di Papua yang memiliki kontur pegunungan. Vsat (Very small aperture terminal) menjadi media komunikasi yang sesuai untuk daerah tersebut dan belum tersedianya infrastruktur komunikasi berbasis kabel kalau biasa disebutkan juga dengan jalur komunikasi teresterial.

Parabolic Dish Vsat 


Dengan telah dilakukan groundbreaking menjadi bukti nyata pemerintah dalam membangun infrastruktur. walau menunggu waktu yang lama. Bila hal tersebut terealisasi maka Vsat - Vsat yang telah bertebaran dapat dijadikan sarana Backup komunikasi.

0 comments: