Good Governance

Written By Scooter-google on Rabu, 20 November 2013 | 12.05

Kalau kepedulian terhadap tata kelola (good governance) tidak ada dalam perusahaan maka lumrah bila kita mengatakan bawah perusahaan tersebut mengelola perusahaannya dengan cara Toko Kelontong. Yang penting ada omzet dan menghasilkan untung dalam setiap bulannya. Perihal meletakkan bungkusan rokok didepan etalase, menaruh telor bercampur dengan tempat sabun menjadi tidak  masalah yang penting untung dapat diraih. Nah hal tersebut secara usaha sepele dan wajar karena intinya sudah jelas yang penting untung. 
perihal nanti saat melayani pelanggan susah cari produk padahal kita mengetahui produk itu ada. Hal ini mungkin sebagai gambaran kecil untuk menggambarkan tata kelola dalam perusahaan.

toko kelontong
Sering terjadinya Ad Hoc kepada suatu fungsi kerja sehingga fungsi tersebut tidak fokus kepada fungsi utama pelayanannya. Sering terjadinya perubahan struktur organisasi namun tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis perusahaan. dalam 5 tahun operasional struktur organisasi dapat berganti hingga 4 kali atau 5 kali.
Visi dan Misi perusahaan tidak diketahui oleh seluruh karyawan bahkan sesama vice president tidak secara jelas Visi dan Misi dari perusahaan. 
Tujuan memberlakukan good corporate governance (GCG) untuk kepentingan perusahaan itu sendiri dengan tujuan untuk mencapai kecukupan yang lebih baik dan terus menuju yang terbaik.



Dari model diatas dilihat ada pada level berapa perusahaan tersebut, bila operasional diperusahaan selalu berdasarkan Ad Hoc  memang sih perusahaan itu punya mereka.  

0 comments: