Bank x Century (Bank Mutiara) itu mendapat Bailout Rp 1.5 Triliun

Written By Scooter-google on Selasa, 24 Desember 2013 | 15.35

Belum selesai penanganan kasus Bailout Bank Century  total dana masyarakat yang digunakan untuk menangggung Bank tersebut sebesar Rp 6.76 Triliun (lihat disini) dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Kali ini kita dikagetkan kembali dengan LPS memberikan dana Rp 1.5 Triliun (lihat disini).
Berdasarkan data yang diperoleh posisi Desember 2012 kecukupan penyertaan modal Bank Mutiara 12.04 %. (lihat disini) bila melihat laporan tersebut Bank Mutiara dalam kondisi sehat.  
Berdasarkan data tersebut apakah hal ini bisa dikatakan "jatuh kedalam lubang yang sama" dalam hal ini  yang menjadi perhatian adalah penggunaan dana masyarakat dan pengawasan terhadap pengelolaan Bank tersebut. Apa dasar Bank Mutiara mendapatkan kembali dana talangan LPS bila laporan, bila memang posisi CAR Bank Mutiara sudah dibawah 14% (dalam program penyelamatan perbankkan) maka dapat diinformasikan kepada publik terkait pergerakan CAR dari Bank Mutiara dalam 6 bulan terakhir dan tidak lupa laporan hasil audit Bank Indonesia & BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terhadap Bank Mutiara. Sehingga tidak memunculkan prasangka-prasangka negatif.

0 comments: