Apa Itu LDAP

Written By Scooter-google on Selasa, 03 Desember 2013 | 09.47


Sudah lama juga gak melakukan penyegaran dengan menambah pengetahuan, setelah berjalan - jalan kesana kemari akhirnya ada beberapa istilah dari sebuah keajaiban pada milenium baru ini yaitu IT.
Istilah yang sering saya dengan tetapi terasa hanya menebak-nebak saja... akhirnya dicoba untuk dicari tahu sekaligus sebagai tambahan ilmu.

LDAP istilah ini sudah sering saya dengar sebelum bukan hari ini saja. LDAP sendiri adalah singkatan dari (Lightweight Directory Access Protocol)
adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan. Dengan menggunakan LDAP, seseorang dapat mencari informasi mengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari itu.

Apa itu LDAP ? Kata itulah yang terlontar di pikiranku saat ingin mempelajari teknologi LDAP. Setelah mencari-cari di internet dengan bantuan Mbah Google, akhirnya aku sedikit mendapatkan gambaran tentang LDAP. LDAP sendiri adalah singkatan dari Lightweight Directory Access Protocol. Kenapa disebut Directory, karena LDAP adalah suatu protokol client-server yang digunakan untuk mengakses servis direktori.

Dengan mengunakan teknologi LDAP, maka akan memungkinkan kita untuk meningkatkan kemampuan untuk mencari suatu alat, device , ataupun sumber daya direktori. Selain itu, LDAP juga mempunyai satu kemampuan yakni single sign-on. Dengan adanya fitur single sign-on, maka kita tidak akan dipusingkan untuk login berkali-kali dalam aplikasi yang berbeda. Karena hanya sekilas, maka cukup segitu saja perkenalan dengan LDAP.

0 comments: