DR vs BC

Written By Scooter-google on Kamis, 28 November 2013 | 14.28

Kembali kita bercerita tentang tentang sebuah insurance dalam bisnis. Ada dua kata yang sering didengar  di dunia IT yaitu DR "Disaster Recovery" dan BC "Business Continuity"  saat ini saya coba untuk memberikan pemahaman terkait hal tersebut dalam lingkup pemahaman saya loh.

DR 
Disaster Recovery diartikan sebagai usaha untuk memulihkan keadaan setelah terjadinya bencana. Karena disaster terjadi maka data yang sebelumnya telah ada hilang. Dalam kontek ini bagaimana sebuah perusahaan dapat kembali menjalankan operasional perusahaannya sebelumnya terjadi bencana.  Perihal data yang hilang tersebut dapat dilakukan dengan menjalankan Correction action mereka dengan cara Restore data sebelum terjadinya Disaster tersebut. maka ini dapat dikatakan "Disaster Recovery" melakukan recovery terhadap suatu entitas bisnis akibat disaster. Untuk tahapan ini proses Backup sudah dapat dijadikan langkah mitigasi bila bencana terjadi. Lalu timbul pertanyaan jadi apa bedanya dengan BC "Business Continuity". Maka untuk hal ini dapat dilakukan dengan metodelogi Cold Site atau Warm Site sudah cukup.

BC  
Business Continuity diartikan sebagai cara untuk tetap dapat melangsungkan bisnis bila terjadi suatu disaster. Tuh.. kan sama dengan dengan DR. Nah disini terjadi letak perbedaannya, baik untuk teknologi dan biaya yang diperlukannya berbeda. Untuk BC kita tidak cukup dengan hanya mengandalkan sebuah backup database, tetapi kita butuhkan adalah satu kesatuan dari suatu bisnis untuk tetap berjalan saat disaster sedang terjadi. maka dimulailah dari menentukan lokasi pengganti, teknologi apa yang akan digunakan dan banyak lagi strategi yang harus diputuskan bisanya dimulai dengan Business Impact Analysts terhadap bisnis perusahaan. Adapun teknologi yang dapat digunakan teknologi mirror/replikasi yang dapat menjaga kelangsungan data dari bisnis dan kontinuitas data saat bencana terjadi. Maka untuk hal ini metodelogi yang digunakan adalah Hot Site.

Demikian sebuah ilustrasi sederhana terkait DR dan BC menurut saya.
furqonimkp@gmail.com



0 comments: