Ditunggu janjinya para calon Gubernur DKI

Written By Scooter-google on Selasa, 18 September 2012 | 13.13


18 September 2012
 Pintu perlintasan Rel Bintaro 06:47 WIB
Semua pasti ingat dengan tragedi Bintaro yang terjadi pada tanggal 19 Oktober 1987. Pada saat itu terjadi kecelakaan dua buah kereta bertabrakan. Sebuah kereta api yang berangkat dari Rangkasbitung, bertabrakan dengan kereta api yang berangkat dari stasiun Tanah Abang. dan peristiwa ini tercatat sebagai salah satu musibah paling buruk dalam sejarah transportasi di Indonesia.
Pada kesempatan kali ini bukan ingin membicarakan kembali tentang tragedi tersebut, tetapi mengingatkan kepada pihak yang sedang merebutkan satu jabatan Gubernur DKI untuk periode 5 tahun kedepan. Permasalah yang biasa ditemukan pada kota - kota besar disetiap negara di dunia yaitu  kemacetan lalu lintas.
Apa solusi yang bisa mereka berikan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Kenapa saya bilang sekitarnya karena penyumbang kemacetan dapat dikatakan 40 % atau bahkan lebih bukan saja dari warga yang memiliki KTP Jakarta. Siapa saja mereka  ? disana  ada warga Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang.
Keempat kota ini lah dapat dikatakan sebagai penyumbang kemacetan diwilayah perbatasan hingga pusat kota Jakarta. Setuju...  kalo gak setuju terserah sedikit memaksa   :) . Hal ini terjadi karena Jakarta menjadi pusat perkantoran untuk beberapa perusahaan yang karyawannya berada disekitar wilayah Jakarta.

Beberapa titik yang bisa dikatakan sebagai penyumbang kemacetan di Jakarta sebagai berikut :

1. Pintu perlintasan Rel kereta 
2. Pasar tradisional 
3. Mall (pusat belanja modern) tapi sekarang sudah banyak yang berhadapan dengan pasar tradisional :( 
4. Sekolah yang berada disekitar jalan utama

18 September 2012
 Pintu perlintasan Rel Bintaro 06:48 WIB

Mungkin ini cara sederhana buat saya dalam memetakan titik - titik kemacetan. saya hanya memberikan informasi satu titik kemacetan yang terjadwal.  Macet kok terjadwal ya...   kalah Bandara :D .

Saat  mengambil gambar dari kemacetan hari ini mungkin sudah ribuan kendaraan roda dua bertemu dalam satu titik perlintasan kereta api. Hal ini terjadi setiap harinya dari 6:30 - 7:00 WIB pagi hari dan Sore hari diwaktu 17:30 - 18:00 WIB  disesuai dengan jadwal kereta api melewati melintas.

18 September 2012
 Pintu perlintasan Rel Bintaro 6:48 WIB

18 September 2012
 Pintu perlintasan Rel Bintaro 06:51 WIB

Tepatnya pada jam 06:41 WIB tiba bersama dengan antrian kendaraan lain yang akan melintasi jalur kereta api, coba mengikuti arus lalulintas yang hampir tidak bergerak. Untuk menunggu gililran kendaraan saya matikan   sayangkan BBM dibuang - buang percuma hanya untuk menambah polusi udara Jakarta yang sudah berpolusi ini.

18 September 2012
 Pintu perlintasan Rel Bintaro 06:54 WIB

Sengaja mengambil beberapa gambar, kedua calon Gubernur dapat melihat gambaran rutinitas warga Jakarta dan sekitarnya untuk sampai ke tujuan mereka masing - masing. Mungkin diantara  yang sedang membaca blog ini ada yang sering melintasi perlintasan rel kereta api dan merasakannya. Berdasarkan informasi dari  IndonesiaFinanceToday untuk membangun  24 jalur perlintasan dengan infrastruktur seperti fly over (fo) dan under pass (up) dibutuhkan dana Rp 2.4 triliun. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Tribunnews tentang realisasi pendapatan daerah Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2011 tercatat sebesar Rp 28,30 triliun, untuk pendanaan dapat dilakukan bersama-sama  antara daerah penyangga Jakarta (Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor),  Pemerintah Jakarta dan Pemerintah Pusat. Hal tersebut untuk merealisasikan apa yang sepertinya telah direncanakan oleh Kementrian perhubungan pada rencana kerja strategis kementrian perhubungan 2010 - 2014.

Berandai - andai  kalau disetiap perlintasan kereta api telah dibuatkan underpass atau fly over, hal ini dapat diminimalisasi sehingga waktu  terbuang menjadi sedikit dan penghematan BBM akan terjadi.














0 comments: